Multi-mikronutrien Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Investasi Kesehatan Anak

Monday, August 21, 2017



Hai Mak-mak kece yang luar biasa, apa kabar semua.  Semoga makin cihuy ya….

Setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya.  Anak yang sehat, aktif, cerdas, bahagia dan percaya diri tentunya tidak disulap dalam semalam.  Pemenuhan nutrisi yang tepat selama masa kehamilan selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil juga sangat menentukan kesehatan dan  tumbuh kembang si kecil kelak.   

Pada 10 Agustus 2017 lalu, emakcihuy mendapat kesempatan hadir dalam Press Conference yang diadakan oleh Kalbe Blackmores Nutrition dengan bahasan utama tentang “Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui”.  Banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dalam acara tersebut.  Dan, biar gak pinter sendiri, sekarang saya mau berbagi ya dengan Mak sekalian.


Menghadiri event seperti ini menjadi semacam charge energy buat saya karena melihat aura-aura bahagia yang terpancar dari para ibu hamil dan menyusui.  Tak sedikit ibu yang membawa serta buah hatinya, bayi-bayi mungil nan lucu dan menggemaskan.  Diam-diam, saya melangitkan banyak harapan agar anak-anak ini kelak tumbuh menjadi generasi cemerlang untuk masa depan Indonesia seiring dengan meningkatnya kesadaran orang tua akan pentingnya asupan nutrisi yang tepat selama masa hamil dan menyusui. 


Press Conference 


Dalam kesempatan yang luar biasa ini hadir Dr. med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K)., Konsiltan Fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia,  Prof. Lesley Braun, Direktur Blackmores Institute dan Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Nutrion (KBN) yang memberikan pemaparan tentang pentingnya Mikronutrien untuk Ibu hamil dan menyusui.

Berdasarkan data dari Riskesdas 2013,  di Indonesia untuk bayi yang lahir prevalensi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR <2500 gram) masih mencapai angka 10,2 %.  Angka ini cukup tinggi dan beresiko pada tumbuh kembang anak di masa depan.  Mendapati fakta ini, pikiran saya melayang ke masa 7 tahun yang lalu, Prema, putra saya lahir dengan berat 2480 gram saja.  Sempat sedih rasanya, karena dia terlihat begitu mungil dan ringkih.  Padahal saya merasa asupan nutrisi selama masa kehamilan sudah maksimal, tapi kondisi kehamilan Placenta Previa memang menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya asupan nutrisi untuk bayi mungil saya.

Faktanya,  di Indonesia kesadaran orang tua akan pentingnya nutrisi dimasa kehamilan ini masih sangat kurang.  Akses informasi dan kemampuan ekonomi yang terbatas terutama buat keluarga kurang mampu,  menjadi salah satu penyebab rendahnya kesadaran ini.  Padahal, kebutuhan mikronutrien para ibu sewaktu hamil dan menyusui justru meningkat, guna memenuhi asupan bagi ibu dan bayinya.  Bayangkan, saya yang dulu (rasanya) sudah benar-benar mengatur pola makan dan memperhatikan asupan nutrisi selama hamil saja masih melahirkan bayi dengan berat <2500 gram, lalu apa kabar para ibu yang memang benar-benar kurang asupan nutrisinya karena kurangnya edukasi dan rendahnya daya beli?

Nutrisi pada umumnya mengandung komponen makro- dan mikro-nutrien.  Yang termasuk makronutrien adalah karbohidrat, lemak dan protein.  Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral berupa asam folat, zat besi, yodium, kalsium dan omega-3 pada masa kehamilan dan menyusui.  Mikronutrien ini berperan sangat penting untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, meningkatkan performa dan prestasi anak baik secara akademik maupun keahlian, dan lebih lanjut pada peningkatan produktivitas sumber daya manusia Indonesia. Sama seperti berinvestasi, Mengkonsumsi mikronutrien selama hamil adalah seperti mempersiapkan masa depan terbaik untuk calon buah hati kita. 


 “Ibu hamil dan menyusui perlu diedukasi atas pentingnya nilai-nilai gizi demi kesehatan janin dan bayinya.  Mereka juga harus menyadari bahwa kekurangan mikronutrien tidak hanya berdampak pada janin sewaktu hamil, melainkan juga sepanjang hidupnya,”jelas dr. Damar pada kesempatan itu.

Assoc. Prof. Dr. Lesley Braun, PhD. menambahkan,”kekurangan multi-mikronutrien ini bisa diatasi, salah satunya melalui peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar, dan berbagai jenis sumber protein”.

Masalahnya, terkadang ibu hamil mengalami berbagai kendala hingga tak memungkinkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar.  Mulai dari mual-mual yang melanda selama hamil, selera makan yang naik turun sesuka hati dan berbagai sebab lainnya.  Untuk itu, Blackmores Institute melalui program edukasinya mengupayakan pemenuhan asupan multi-mikronutrien, dalam bentuk suplemen, sehingga dapat mengatasi kekurangan asupan dari makanan.



Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


Sangat penting bagi wanita untuk mengenali diri sendiri terutama saat awal kehamilan.  Perubahan hormon dapat menyebabkan rasa bahagia, sedih ataupun marah secara tiba-tiba.  Mood yang kadang naik turun ini juga harus dimengerti olah pasangan maupun lingkungan sekitar agar dapat memberi dukungan yang terbaik.

Mual dan muntah adalah tanda umum kehamilan trimester pertama.  Pertumbuhan janin dalam kandungan akan dianggap benda asing sehingga tubuh bereaksi yang menyebabkan mual.  Meski demikian, mengingat sejak awal pembuahan sudah terhitung 1000 hari pertama kehidupan, maka selayaknya ibu hamil tetap mendapat nutrisi yang sehat untuk tumbuh kembang janin yang dikandungnya. Ibu hamil bukanlah orang sakit, sehingga sebenarnya tak ada pantangan makan apapun.  Silahkan makan sesuai selera, dengan catatan secukupnya, tidak berlebihan dan tetap memperhatikan kandungan gizinya

Adapun mikronutrien yang dianjurkan oleh dokter dan para ahli adalah :

·        Asam Folat : Bermanfaat untuk perkembangan otak dan mencegah resiko cacat tabung saraf otak, kelahiran premature dan BBLR
·         Zat besi :  Untuk pembentukan sel darah merah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan, serta percepatan pertumbuhan bayi. 
·        Yodium : Untuk fungsi kelenjar tiroid, perkembangan visual, motor skills, mendengarkan dan perkembangan kognitif anak.
·         Kalsium : Untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang ibu
·         Omega-3, terutama DHA : Untuk perkembangan otak, fungsi otak dan tumbuh kembang janin.


Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold hadir dalam bentuk suplemen yang membantu ibu hamil dan menyusui agar dapat mengkonsumsi mikro-nutrien tersebut dengan cara yang lebih mudah dan praktis.  Merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan bayi, mengandung semua mikronutrien yang dianjurkan diatas. Tentunya ini adalah kabar gembira untuk semua ibu hamil dan menyusui. 

Cara mengkonsumsinya sangat mudah : 2x sehari, selama masa hamil dan menyusui.  Diminum pagi dan sore hari setelah makan.

Dalam mengkonsumsi suplemen kehamilan, perlu diperhatikan dosis dan waktu yang tepat.  Dosis Blackmores sudah disesuaikan dengan kebutuhan harian ibu hamil dan menyusui, maka tugas ibu adalah mengkonsumsinya secara rutin di waktu yang tepat.

12.000 Pelukan Bentuk Dukungan Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui


Sebagai bentuk dukungan pada kesehatan ibu hamil dan menyusui di Indonesia, Kalbe Blackmores Nutrition (KBN)  bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat meluncurkan program “12.000 pelukan Untuk Ibu dan Bayi” pada tanggal 10 Agustus 2017.

Program ini bertujuan mendukung kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui yang kurang beruntung di Bali, Papua dan Aceh sekaligus mengedukasi akan pentingnya nilai gizi demi kesehatan generasi sekarang dan masa depan.

Nah, kita semua bisa banget lho berpartisipasi untuk mensukseskan program ini.  Caranya mudah banget, cukup membuat foto pelukan kasih lalu upload melalui website www.blackmores.co.id/12000pelukan




Setiap satu foto dengan gesture memeluk  yang diupload akan bernilai satu botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang kemudian akan diberikan kepada para ibu yang kurang beruntung di Bali, Papua, dan Aceh.  Sehingga semakin banyak foto yang diupload, makin banyak pula ibu hamil dan menyusui yang dapat merasakan manfaat dari Blackmores Pregnancy &Breast-Feeding Gold ini.  Artinya, makin banyak pula bayi-bayi yang akan terlahir sehat dan siap menjadi generasi cemerlang di masa depan.

Jadi tunggu apalagi?

Emakcihuy sudah berpartisipasi. Ayo Mak, bantu sukseskan program ini ya. Segera sumbangkan foto pelukan kasih dan  ajak seluruh keluarga dan kerabat untuk mengupload foto mereka juga.

Salam sehat
emakcihuy.com

22 comments:

  1. Faktanya, di Indonesia kesadaran orang tua akan pentingnya nutrisi dimasa kehamilan ini masih sangat kurang. Akses informasi dan kemampuan ekonomi yang terbatas terutama buat keluarga kurang mampu, menjadi salah satu penyebab rendahnya kesadaran ini.

    Wah, dengan fakta semacam ini perlu terus menerus dilakukan edukasi bagi seluruh orang tua ya

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Edukasi terus menerus sangat penting untuk melindungi anak-anak masa depan Indonesia

      Delete
  2. Gak hanya ibu hamil, bapak hamil juga penting nih tahu tentang ini. :) *lalu usepusep perut hahaha.

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaahahaha
      Ada bapak hamil bikin pengakuan

      Delete
  3. Wah bener mb Arni, para bumil harus lebih menjaga kesehatannya selama kehamilan ya. Demi buah hati yg dikandungnya. Nice sharing mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Manda. Kita yang gak hamil aja wajib menjaga kesehatan, apalagi ibu hamil yang memang membawa dua nyawa dalam dirinya ya

      Delete
  4. Hmm..pantes ya aku labil secara emosi akhir2 ini, tyt pebgaruh hormonal bumil ya *pembelaan
    Nice share Mb. Aku dong anak udah SD masih tak peluk2, mumpung doi belum malu dipeluk2. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bumil. Sehat-sehat selalu yaaaaa
      Ayo peluk-peluk si kecil selagi masih enak dianyeng-anyeng hehe

      Delete
  5. PR untuk esok saat jadi ayah, sediakan gizi yg ok buat anak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah calon Ayah siaga nih
      Belajar jauh-jauh hari sebelum jadi Ayah
      Semangat San

      Delete
  6. nice share mbak.. bisa buat tambahan ilmusaat hamil nanti...

    ReplyDelete
  7. Wah semoga program ini sukses dan bayi-bayi di Indonesia lebih sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dukungannya diharapkan banget lho mbak. Buruan foto-foto syantik

      Delete
  8. Prihatin ya karena kesadaran akan pentingnya nutrisi saat hamil dan menyusui masih rendah. Semoga gerakan ini sukses sehingga bisa memperbaiki kualitas generasi Indonesia, aamiin.

    ReplyDelete
  9. Lengkap ya kandungannya. DUlu zamanku hamil kyke ora ngerti mikronutrien hehe.
    Tapi dulu aku rajin konsumsi asam folat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ini paket lengkap banget
      Sama kayak aku, jaman hamil dulu yo belum tau blackmores

      Delete
  10. Programnya benar2 keren mbak. Semoga benar2 bs membantu ibu hamil yg lain agar tetap sehat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan foto pelukan ya mbak
      Supaya lebih banyak ibu hamil dan menyusui yang terbantu dengan mengkonsumsi asupan sehat

      Delete
  11. Sekarang lebih enak ya buat Bumil, banyak asupan bergizi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang, bumil jaman sekarang didukung dari segala lini

      Delete