Mainan Squishy untuk 6 Manfaat Menakjubkan Bagi Buah Hati

Wednesday, June 14, 2017



Halo mak apa kabar?
Anak-anak sudah mulai masuk masa liburan sekolah ya.  Saatnya emak-emak jadi kreatif memikirkan kegiatan si kecil agar tak bosan dirumah selama liburan.  Apalagi liburan kali ini sekaligus disertai puasa, putar otak deh emak biar anak tak sedikit-sedikit melirik jam dinding menanti waktu berbuka.

Anak-anak itu memang sudah jatahnya kalau sebagian besar waktunya adalah bermain.  Dalam bermain dia sekaligus belajar.  Karenanya,  dengan memilih mainan yang tepat dan sesuai usianya, pasti akan bermanfaat banget untuk tumbuh kembangnya.  Bukan sekedar sebagai hiburan, melainkan lebih dari itu tak jarang diantaranya yang memiliki nilai edukasi sangat tinggi. Sebut saja diantaranya adalah lego atau mainan catur. Hanya saja jenis-jenis tersebut memang lebih banyak dimainkan oleh anak-anak yang usianya sudah menjelang remaja ya.  Sedangkan untuk  anak dengan usia yang dini bisa dipilihkan produk mainan yang bisa menunjang daya koordinasi atau motoriknya, misalnya mainan squishy


Squishy berbentuk Sawi
Mungkin sudah cukup populer bagi emak sekalian mengenai produk mainan yang satu ini, diadopsi dari bahasa Inggris yang berarti licin, lembek atau bisa diartikan kenyal. Dibuat sedemikian rupa yang jika ditekan akan kembali ke bentuk asalnya.  Squishy dijadikan mainan yang mengkloning segala bentuk benda. Terkadang tak hanya dijadikan sebagai produk mainan saja, bahkan juga sebagai gantungan untuk tas sekolah atau aksesoris. Salah satu ciri mainan tersebut adalah bahan pembuatannya yang sangat empuk.   

Cara memainkannyapun sangat mudah, cukup meremas-remas mainan tersebut.   Terlihat sederhana ya, tapi percayalah mak, kegiatan meremas itu punya manfaat yang banyak bagi pelakunya.  Bentuk squishy bermacam-macam, mulai dari bulatan, bentuk buah, boneka, kue-kue, hewan atau yang lainnya yang benar-benar dibuat serupa bahkan identik dengan aslinya, baik dari segi bentuk maupun ukuran.  Terkadang, jika tak benar-benar teliti, kita bisa terkecoh saat melihatnya.  Terutama yang berbentuk kue-kue atau jenis makanan lainnya.  Jangan sampai salah hap ya, Mak!

Squishy berbentuk roti. Mirip banget aslinya ya
Harga dipasaran pun sangat beragam.  Mulai dari 10 ribu rupiah untuk ukuran paling kecil, anak-anak sudah bisa memainkan squishy.  Well, mungkin kelihatannya mainan ini hanya buat anak-anak ya, padahal sebenarnya yang udah gede juga bisa kok ikutan main.  Pilih yang berbahan nyaman dan mudah digenggam.

Manfaat Bermain Squishy


Meski sederhana, ada banyak sekali manfaat yang bisa  didapatkan dengan memainkan squishy, diantaranya adalah:

  1. Dapat menguatkan koordinasi dan juga motorik bagi anak, menurut salah satu dokter anak, dengan memainkan squishy ini tangan memang akan gatal untuk meremas-remasnya secara terus menerus, hal inilah yang sebenarnya bagus guna melatih motorik buah hati kita, sehingga lebih banyak lakukan gerakan.
  2. Manfaat kognisi, manfaat ini lebih kepada pengenalan bagi buah hati, squishy ini umumnya memang memiliki berbagai macam bentuk yang unik, diantaranya adalah buah-buahan, kemudian bentuk makanan, sayur dan yang lainnya. Dengan banyaknya bentuk yang ada sebenarnya adalah sebuah ajang perkenalan bagi buah hati dalam memainkannya.
  3. Untuk meredakan emosi, jika emak bertanya mengenai mainan yang bagus guna meredam emosi buah hati, maka squishy ini adalah jawabannya, mengingat mainan tersebut memiliki tekstur yang lembek yang mudah untuk diremas, sehingga ketika mereka sedang kesal atau sebagainya bisa menyalurkan lewat meremas-remas mainan tersebut. Jauh lebih baik dibandingkan dengan meluapkannya lewat hal-hal yang lainnya.
  4. Memberikan manfaat sosial, khususnya ketika buah hati memainkannya dengan teman-teman mereka. Dengan banyaknya bentuk yang ditawarkan, seperti halnya buah dan juga makanan, maka bisa digunakan sebagai miniatur mainan bersama dengan teman-teman.
  5. Mainan yang menyehatkan, dengan sering meremas-remas mainan ini, maka secara langsung sudah melatih otot bagian tangan, sehingga lebih banyak bergerak dan juga membuatnya jadi kian sehat.
  6. Membangun imajinasi bagi buah hati, anak-anak umumnya memiliki dunia mereka sendiri. Bayangkan dengan miniatur mainan yang dimiliki tersebut, nantinya jenis permainan apa yang akan dilakukan. Berguna untuk melatih daya kreatifitas buah hati.
Ternyata banyak ya manfaatnya bermain squishy ini.  Bahkan mainan ini bisa diberikan pada bayi sejak usia 3 bulan lho.  Ketika buah hati sudah mulai bisa menggenggam itulah saat yang tepat untuk memulai stimulasi motoriknya.  Apalagi bila diberikan squishy dengan warna-warna menarik dan bentu yang lucu, pastinya anak-anak akan lebih senang memainkannya.  Pastikan beli yang berbahan nyaman ya Mak.

18 comments:

  1. aku suka maennya.. suka remes2 gemes :P

    beli di bukalapak kayaknya harga dapat murah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya koh. Belinya di bukalapak aja, murah dan pilihannya banyak
      Jangan sampai lupa waktu ya keasikan ngeremes2 hihi

      Delete
  2. Jadi gemess kalo bayangin remes-remes squishy...
    kalo dulu belum ada squishy, anak-anakku sejak umur beberapa hari tangannya aku usap-usapkan ke permukaan yang teksturnya berbeda. seperti selimut, handuk, kain halus, wajah dan lain-lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ya ya
      Dulu prema juga gitu. Aku kenalin tekstur lewat benda2 disekitarnya.
      Sekarang ada squishy, memudahkan para ibu untuk menstimulasi anak2nya ya

      Delete
  3. Owalah itu to squishy, aku punya gak ya? hehehe
    AKu jarang beliin anak2 mainan soale, tapi kyknya ok juga tu mainannya buat nambah2 imajinasi anak2 TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gaol mak gaoool
      Aku juga dulu mikir apa asiknya sih mainan remes2 gitu. Tapi pas nyobain punya anaknya temen, kok yo malah keasikan hahaha

      Delete
  4. Wah baru tau manfaatnya, mainan ginyuk2 yg bikin gemes ini, pingin kumakan liat yg nyata seperti makanan. Hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaa
      Aku pas liat yang cake dan roti, duuuh ngiler banget. Rasanya pengen gigit deh

      Delete
  5. Baru tau kalau banyak sekali mamfaat dari squichy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya sederhana ya mbak
      Padahal sebenarnya punya banyak manfaat

      Delete
  6. Ais mainin squishy sampe akhirnya pecah! Basah semua deh baju. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa galak bener Ais mainnya sampe pecah gitu hahaha
      Eh kok basah sih, emang dalamnya air ya?

      Delete
  7. Wah, bagus nih sebagai alternatif mainan untuk anak-anak, ys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda. Mainan sederhana sarat manfaat

      Delete
  8. kalau dulu mainannya pakai tanah lempung, hehe. sekarang mainannya pakai ginian. asyik juga sih, dan gak kotor hanya saja keluarin uang. dan kayaknya ini yang sekarang lebih hits, daripada tanah lempung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari tanah lempung di kota sekarang susah San
      Udah pada berubah jadi mall diatasnya

      Delete
  9. owh ini toh yg namanya squishy?hahaha kudet banget lah aku 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha emak bergaul dong mak
      Biar kekinian kayak abege2 masa kini :p

      Delete