Tampil Lebih Percaya Diri Tanpa Jerawat

Monday, April 17, 2017





“Untuk moderatornya, seperti biasa bu Arni saja ya,” kata bapak ketua panitia acara malam sastra  tempo hari.
“Duh… boleh gak jangan saya lagi, Pak.  Coba kasi kesempatan ke yang lain dulu.  Kalu gak ada yang bersedia, ya udah gak apa-apa deh saya,” Saya berusaha mengelak.   Ini kesekian kalinya didapuk memandu kegiatan yang sama, diluar permintaan menjadi MC di beberapa acara lainnya.

Moderator, MC, Presentasi dan sejenisnya sebenarnya adalah kegiatan yang saya sukai, apalagi saya memang rutin menjadi pengajar di Pasraman Ganesha Ganesha Brahmacari Ashram.  Bukan masalah gugup berbicara di depan publik yang bikin saya berusaha mengelak kali ini.  Tapi karena saat itu jerawat segede upil sedang nangkring manis di pipi saya.  Duuuh…. Tingkat kepedean saya menurun 80%. Hiks.

Pada akhirnya, memang tetap saya sih yang jadi moderator acara itu.  Setelah beberapa hari sebelumnya saya sibuk berjibaku dengan jerawat.  Bukannya sembuh, si jerawat malah manggil teman-temannya untuk ikut menghiasi pipi, mungkin karena sayanya galau, alih-alih berkurang, malah nambah jerawatnya *poor me* Dan sayapun hanya bisa pasrah.  Wis lah, pake make up nya yang super tipis aja di hari H, daripada malah jadi makin subur pipi saya buat lahan tumbuhnya jerawat.  Meski gak pede, untungnya acara berlangsung lancar, sepertinya dua pembicara dan para peserta memang focus pada materi, jadi gak ada yang perhatiin “upil” di pipi saya ^^

Untung fotonya dari jauh, jerawat saya gak keliatan deh

Kenapa Sih Kita Bisa Jerawatan?

Jerawat atau dalam bahas lain disebut “Acne vulgaris” adalah masalah kulit yang disebabkan oleh sel kulit mati atau minyak yang menyumbat pori-pori, sehingga tak bisa “bernafas” dengan bebas lalu meradang membentuk gumpalan.  Selain membuat wajah menjadi kusam, bekas jerawat juga menjadi momok tersendiri karena susah untuk dihilangkan, bahkan terkadang menimbulkan bekas berlubang.

Ada beberapa faktor penyebab jerawat, antara lain :

1.       Makanan.  Sering makan gorengan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak tinggi, biasanya memicu hadirnya jerawat terutama di daerah dahi karena memang wilayah ini biasanya paling berminyak.

2.       Kurang menjaga kebersihan wajah.  Setiap hari, minimal sekali seblum tidur di malam hari, biasakan membersihkan wajah terlebih dahulu.  Setelah beraktivitas seharian penuh, biasanya begitu banyak sisa make up, debu dan kotoran yang menempel di wajah.  Jika tak dibersihkan, akan menyumbat pori hingga menimbulkan jerawat.

Jerawatnya nongol di lokasi nose pad
3.       Pemakaian kacamata dan handphone.  Ini juga terkait dengan kebersihan wajah.  Saya termasuk yang sering kehadiran jerawat tepat di pangkal hidung, tempat dimana kacamata bertengger.  Terkadang, karena buru-buru saya sering langsung memakai kacamat tanpa membersihkannya terlebih dahulu.  Paling banter ngelap kacanya saja.  Sementara bagian nose padnya jarang kena sentuhan lap.  Efeknya ya itu tadi, jerawat hadir disana sebagai alarm bahwa sudah waktunya membersihkan nose pad.

4.       Perubahan hormon.  Ini umumnya terjadi pada usia remaja, tapi bisa juga terjadi pada wanita dewasa saat menjelang menstruasi, hal ini disebabkan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh yang memproduksi minyak berlebih.  Saya ingat betul, saya pernah mengalami masa-masa jerawat parah saat masih kuliah dulu.  Syukurlah, seiring berjalan waktu (dan umur) jerawat hanya muncul sesekali saja menjelang menstruasi. 
 
Dari banyak faktor penyebab jerawat itu, tentunya bikin puyeng tujuh keliling kalau sudah berusaha baik-baik jaga makanan, rajin bersihin wajah dan lain-lain tapi tetap saja si jerawat malah hadir, terutama di saat-saat yang sangat tak diharapkan.   Kalau sudah begini, mau gak mau, mari bergerilya mencari obat jerawat yang cocok dan tak menimbulkan efek samping bagi wajah.  Akan lebih asyik lagi, kalau ketemu obat yang bisa dipakai kapan saja, karena umumnya obat jerawat hanya bisa dipakai pada malam hari, di saat wajah tak memakai make up.


Sekitar 3 minggu lalu, saya mendapat kesempatan mencoba Derma Angel. Kok yo pas banget dia hadir saat pangkal hidung saya sedang disambangi jerawat.  Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, saya langsung mencobanya.  Wah, saya jatuh cinta.  Bakalan jadi sahabat baru saya nih si Derma Angel.

Kenalan Yuk Sama Derma Angel, Malaikat Penyembuh Jerawat

Derma Angel adalah acne patch kasat mata (transparan) dengan fungsi heal and hide yang dapat menyembuhkan jerawat dalam waktu 12 jam, sehingga mendukung untuk tetap tampil cantik dan percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.  Saat memakai derma angel ini, kita juga tetap bisa memakai make up lho karena memang tampak natural dan menyatu dengan warna kulit.  Uji klinis Derma Angel dilakukan Benq Medical Center di Fakultas Kedokteran Penyakit Kulit, Universitas Nanjing, Cina pada tahun 2012.

Nah, ceritanya saya nyobain nih pakai derma angel.  Kemasannya benar-benar higienis lho.  Jadi patchnya dikemas per item dan memiliki belahan ditengahnya, sehingga saat pemakaian, bagian dalam dari patch tidak tersentuh jari dan bisa langsung ditempel di daerah yang berjerawat. Trus, karena transparan, nyaris seolah tak pakai apa-apa deh jadinya.

Tuh, gak keliatan khan ya patchnya nempel
 Biar lebih jelas, berikut keunikan derma angel yang bikin jatuh cinta : 

1.       Invisibility (transaparan).  Persis seperti yang saya sebutukan diatas, patchnya menyatu dengan warna alami kulit dan riasan wajah.

2.       Anti acne.  Nah yang ini paling penting, derma angel mengandung bahan hydrocolloid dressing guna penyerapan tinggi yang akan menyerap lebih banyak cairan (nanah) dan sedikit memblokir UVB yang mengurangi pigmentasi

3.       Protection (perlindungan).  Patchnya memiliki lapisan luar tahan air (waterproof) yang melindungi kulit dari kontaminasi eksternal (bakteri atau kotoran) yang menyebabkan luka terinfeksi, sementara terus menjaga kebersihan dan higienitas dengan tingkat kerekatan yang kuat sehingga tak mudah bergeser atau terlepas.

Cara pakainya juga mudah, pastikan tangan dan area jerawat dalam keadaan bersih dan kering lalu lepaskan setengah bagian patch dan tempelkan ditengah jerawat, lanjutkan melepas setengah bagiannya.  Tekan secara halus sekitar 3 – 5 detik untuk perlekatan yang lebih kuat dan transparan.

Waktu pemakaian patch derma angel ini maksimal 12 jam saja ya atau saat warna patch berubah menjadi putih susu karena penuh dengan cairan (nanah). Saya ingat, waktu itu memakainya hampir seharian penuh, dari pagi hingga sore hari.  Dan saat dibuka, jerawat saya sudah kempes, tapi memang tak ada cairan dipatchnya karena saat saya tempelkan, jerawat saya baru akan membesar, belum terisi cairan.


Nah, buat yang punya masalah jerawat agak berat, bisa memakai derma angel siang dan malam hari.  Ada tiga varian derma angel yang bisa kamu dapatkan dengan membelinya di e-commerce dan modern pharmacy,  yaitu :
 
Day use : Tipis dan transparan. Isi 12 pcs, Rp 36.000,-
Night use : Lebih tebal dengan ekstra penyerapan pada malam hari.  Isi 12 pcs, Rp. 36.000,-
Mix Patch : Paket dengan solusi mengatasi jerawat lebih lengkap dalam satu kemasan, untuk siang dan malam hari.  Isi 18 pcs terdiri dari  day 12 pcs dan night 6 pcs,  Rp. 51.000,-

Wah, seandainya saja saya sudah bertemu dengan derma angel ini sejak dulu, tentunya gak bakal ada acara galau setiap kali didapuk untuk ngemci, jadi moderator atau bahkan pentas tari.  Bersyukur sekali akhirnya saya bertemu dengan malaikat pelindung ini, pastinya menambah rasa percaya diri dalam setiap aktivitas sehari-hari.


Oh ya, terakhir, emak mau ngasi tips cihuy agar wajah bebas jerawat :

1.       Menjaga Kebersihan wajah.   Muka berjerawat atau tidak, membersihkan wajah adalah wajib hukumnya.  Bersihkan wajah dengan lembut dan hindarkan penggunaan spon atau handuk yang kasar.

2.       Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.  Seringkali rambut (poni) jatuh menutupi wajah, bila dalam keadaan kotor/berketombe, bisa jadi menjadi penyumbang minyak berlebih atau kotoran pada wajah.  Selain itu jaga wajah dari tetesan dari penggunaan bahan kimia pada rambut.

3.       Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.  Rutin makan buah-buahan dan minum air putih secukupnya.

4.       Istirahat yang cukup.  Tubuh yang lelah menjadikan perasaan kurang nyaman, sehingga hormone menjadi tidak stabil.  Ini bisa memicu hadirnya jerawat.

5.       Gunakan riasan wajah sewajarnya dan tidak berlebihan.  Pastikan kuas dan segala kelengkapannya dibersihkan secara berkala.  

6.       Bila sudah terlanjur berjerawat, hindarkan kontak langsung tangan dan jerawat.  Jangan suka iseng deh mencet-mencet jerawat, apalagi kalau sampai berdarah.  Bisa terjadi kemungkinan infeksi yang memperparah jerawat dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama

7.       Untuk mempercepat proses penyembuhan, gunakan obat jerawat yang telah teruji klinis dan terbukti menyembuhkan dalam waktu singkat tanpa efek samping.  Derma Angel bisa jadi pilihan.  Selengkapnya, silahkan kunjungi laman facebook DermaAngelIndonesia dan Instagram @AngelDerma_ID

Nah, bagaimana cihuy-ers sekarang sudah tak galau lagi khan menghadapi jerawat. Pokoknya goodbye acne deh.  Yuk, sayangi kulitmu karena kesehatan kulit adalah salah satu investasi penting untuk tampil lebih cantik dan percaya diri.

Lebih percaya diri tanpa jerawat


Salam Sehat

Emak Cihuy

“This article is included in blog competition hosted by BP Network and Derma Angel. The article was on the experience and personal opinion”

Sumber Pustaka
Artikel : Derma Angel Indonesia
Foto : Koleksi Pribadi dan Derma Angel Indonesia 

43 comments:

  1. Replies
    1. Bisa banget
      Buat cowok cewek semua amaaaan

      Delete
  2. Kok pas banget aku baca ini pas lagi jerawatan di bawah mulut sama dahi. Tumben-tumbenan amat aku jerawatan sampe lama. Kurang jaga kebersihan dan makan gorengan mulu nih kayaknya. Thanks sharingnya, Mba Arni. Worth trying nih kayaknya. Biar makin pede jugaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ituuu makan gorengan, hal yang paling susah aku hentikan huhuhuhu
      Tapi klo aku sih seringnya jerawatan ya pas mens aja

      Delete
  3. jerawat oh jerawat, kecil sih tapi sering bikin enggak PeDe.. huhuhu

    ReplyDelete
  4. Jerawat oh jerawat, dluuu sekali wajah saya serasa bisa dipanen jerawatnya, hehe, sekarang jaga kebersihan banget sih. Tapi adik saya jerawatan banget, bisa nih coba direkomen ke adik, makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending panen buah atuh mak daripada panen jerawat hehehe
      Semoga cocok buat adiknya

      Delete
  5. Mba Arni mah multitalented bgt, sukses moderatori ya mba? Wah informasinya pas bgt utkku yg jenis kulitnya cenderung berminyak. Tks mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bisa jadi apa aja kalau terpaksa Manda hahahaha

      Delete
  6. Thanks sharingannya Mbak Arni.
    Ternyata nasib saya dengan mbak Grace sama untuk saat ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih kamu jerawatan Fred?
      Ngeliat fotonya kinclong gitu lho dirimu

      Delete
  7. Wow keren..cepet banget ya ilangnya
    Makasih sharenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak langsung hilang sih, tapi memang kempes jerawatnya

      Delete
  8. Jerawatku lagi parah-parahnyaaa. Cobain ini ahhhhh

    ReplyDelete
  9. Wah, baru tahu ada obat n bisa nutup jerawat juga, solusi nih buat saya yg sering jerawatan. Makasih mbak Arni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nutup jerawat jadi tetep bisa pede dan make up an
      Selamat mencoba mak Prim

      Delete
  10. Wooo ternyata mbak Arni MC kece tooooo :D
    Wah bisa gak keliatan gtu ya, transparan tu ya derma anglenya?
    Mau coba jg ah, aku ini suka jerawatan kalau mau haid
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halagh MC kece mah nggak
      Cuma kadang-kadang dikandang paksa jadi mau-gak mau harus mau hahaha
      Yuk dicoba derma angelnya trus say good bye sama jerawat

      Delete
  11. Tips bebas jerawatnya bermanfaat sekali mbak Arni. Aku kena jerawat kalau sedang haid saja, tapi mengganggu sekali. Apalagi meninggalkan bekas. Mau coba juga pakai derma angel. Tfs mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, aku jerawatan pas menjelang haid aja. Tapi ya gitu gemeeees jadinya karena biasa nongolnya gede huuhuhu

      Delete
  12. Bawaannya kalau ada jerawat yang nongol di wjah itu serasa tingkat kepedean menurun beberpa persen nih mbak.
    Mau pesen derma angel, etapi belum dikirim -_-
    TFS buat infonya ya Mbak Arni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget
      Rasanya pengen ngumpet kalo lagi jerawatan
      Yuk cobain

      Delete
  13. Wahh samaan, aku juga pakai Derma Angel ini..
    Suka sama hasil transparannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Karena transparan jadi asik-asik aja ditimpa make up ya

      Delete
  14. emang bikin sebel ya jerawatan pas ada acara, untung ada Derma angel ya mba, jadi ngga ketauan jerawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai namanya, Derma Angel jadi malaikat pelindung jerawat dari radiasi hahaha

      Delete
  15. Acne patch Derma Angel beneran bisa mengempeskan jerawat yang lagi mateng-matengnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyerap sempurna ya. Kempes seketika deh

      Delete
  16. Wow, mbak multitalented banget. Makin PD bebas jerawat ya mbak?
    Aku juga udah coba pake, 2 jam kempes deh jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha apa deh. Malu aku dibilang multitalenta. Padahal mah segitu-segitu aja bisanya

      Delete
  17. Ahhhhh cinta banget deh sama patch acnenya, jadi gak risih cekrak cekrek meskipun lagi jerawatan ya, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap. Jerawat hadir narsis jalan terus yak hahaha

      Delete
  18. Jerawatan emang nyebelin ya maaak.. Untungnya ada Derma Angel yaaaa <3

    ReplyDelete
  19. Jerawat kadang bisa bikin tingkat pede menurun yaa

    ReplyDelete
  20. Jerawat memang bikin tingkat pede menurun yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Rasanya pengen ngumpet aja klo lagi jerawatan

      Delete
  21. sip deh. percaya dirinya meningkat lagi dong ya sampai 100% hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. PD tingkat tinggi deh jadinya kalau tanpa jerawat

      Delete
  22. penyelamat banget buat jerawat ya mba, derma angel ini :)

    ReplyDelete
  23. Boooogh, pas se cari obat jerawat kenapa semesta menuntunku disiniiii.. icccch.ich.ich.. *masukdalamlistbelanjaan*

    ReplyDelete