Pengalaman Menggunakan Pelayanan BPJS Kesehatan

Wednesday, November 15, 2017




Awal tahun 2017, tepat di bulan Februari sekali lagi saya harus menyerahkan diri berada di ruang perawatan Rumah Sakit.  Lelah sebenarnya.  Mengingat memang selama satu dekade terakhir ini, saya sudah berkali-kali harus “kencan” dengan dokter.  Mulai dari laparoscopy karena endometriosis (yang ini sampai 2 kali pula), operasi caesar, kuret dan yang terakhir transfusi darah.

Saya memang memiliki riwayat ketidakseimbangan hormon.  Ini juga yang menyebabkan kista endometriosis tumbuh berulang dalam rahim sehingga harus diangkat.  Bahkan saat saya hamil Prema 8 tahun lalu,  endometriosis ini juga ikut hadir bersama gumpalan kecil calon janin.  Adalah anugerah tak terhingga karena Prema bisa tumbuh sehat dan kuat mengalahkan perkembangan endometriosis ini sehingga terlahir sehat, lewat proses sectio.

Serba Serbi Persahabatan Setelah Menikah

Friday, October 27, 2017





Hai hai Emak kembali dengan cerita sehari-hari nih.  

Beberapa bulan terakhir, setiap kali buka media sosial, selalu saja ada teman yang update cerita reunian sekolahnya.  Memang lagi musim tampaknya ya.  Reuni menghadirkan kenangan.  Reuni mengungkap kisah masa lalu.  Usai reuni, bukan hanya kisah manis tentang kenangan yang tercipta, tak jarang cerita pahit turut hadir.  Pasangan yang cemburu adalah salah satunya.

Sun Life Edufair ; Karena Pendidikan Anak Perlu Disiapkan Sejak Dini

Wednesday, October 25, 2017




Saya menggandeng tangan Prema menyusuri peron stasiun Bojong Gede, Jumat siang 20 Oktober  2017.  Kami akan ke Kota Kasablanka, lokasi digelarnya Sun Life Edufair 2017.  Prema baru pulang sekolah, kebetulan hari itu disekolahnya tak ada kegiatan belajar mengajar, hanya lomba-lomba antar kelas dalam rangka Bulan Bahasa Nasional.  Prema ikut lomba baca puisi, mewakili kelasnya.  Tugas itu sudah dia tunaikan,  tanpa menunggu pengumuman pemenang, dia sudah saya ajak ke Jakarta.  Dan ternyata Prema juara dong, aih hadiahnya ditunda sampai hari senin deh.

My Generation Film, Benarkah Mengangkat Realita Kehidupan Remaja Masa Kini?

Monday, October 23, 2017





Sinopsis
Film ‘My Generation’ bercerita tentang persahabatan 4 anak SMU, Zeke, Konji, Suki dan Orly. Diawali dengan gagalnya mereka pergi liburan karena video buatan mereka yang memprotes guru, sekolah, dan orangtua going viral di sekolah mereka. Hingga mereka dihukum tidak boleh pergi liburan. Tapi mereka terlalu keren untuk mengutuki keadaan dan membuat orang-orang yang sudah menghukum mereka puas. Liburan sekolah yang terkesan tidak istimewa, akhirnya justru membawa mereka pada kejadian-kejadian dan petualangan yang memberi pelajaran sangat berarti dalam kehidupan mereka. Keempat sahabat ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan konflik yang berbeda-beda pula.
Saksikan selengkapnya kisah Zeke, Suki , Konji dan Orly di bioskop kesayangan Anda, 9 November 2017!

Rahasia Anak Pintar ; Dukung Kecerdasan Multitalenta si Kecil

Friday, October 6, 2017

“Apresiasi setiap kegiatan anak. 
Perhatikan prosesnya, jangan hanya berorientasi pada hasil



Saya mencatat quote ini dari bunda Romi yang akhir pekan kemarin menjadi pembicara dalam Konferensi Ayah Bunda Generasi Platinum di IPB International Convention Center, Bogor.  Kebetulan saya mendapat kesempatan untuk turut hadir dalam acara tersebut bersama ratusan orang tua hebat lainnya untuk belajar dan berbagi cerita seputar pola asuh dan pola didik anak.

Cara Cihuy Menikmati Akhir Pekan di Jakarta

Thursday, September 14, 2017



Yeaaay sebentar lagi akhir pekan.  Saatnya merencanakan mau liburan kemana bersama keluarga tercinta, sahabat terbaik atau genk seru lainnya.  Akhir pekan memang selalu menyenangkan dan ditunggu.  Setelah seminggu penuh berkutat dengan aktivitas rutin kesibukan mengurus rumah, bekerja di kantor, sekolah, dll maka akhir pekan saatnya refreshing, melepas penat dan lelah tanpa harus dipusingkan dengan target ini itu atau PR yang menumpuk.  Jadi, mari membuat rencana cihuy.

Emak-emak juga butuh hiburan, setuju Mak? Iya dong ah.  Khan emak udah cukup puyeng mikirin menu setiap hari yang harus disiapkan untuk keluarga tercinta, nyuci-nyuci, nyetrika,  nyapu, ngepel, gosokin panci *woiii…. Kok malah curhat ya*.  Eh, tapi bener kok, emak juga butuh hiburan.  Nah, hiburannya emak-emak itu biasanya pengen yang asik dan segar tapi tak lupa menyenangkan buat keluarga juga.  Jadi bukan hanya emaknya yang senang, anaknya juga betah gak pake rewel.  Aha! Emakcihuy punya ide! *lampukedapkedipmodeon*

Bayar Tagihan Listrik Telat? Awas, Ini Resikonya!

Wednesday, September 13, 2017





“Permisi…… ,” sebuah suara terdengar dari pagar depan sembari mengetuk-ngetukkan gembok pagar.

Ya, siapa? Tunggu sebentar Pak,” Sahut saya dari dalam rumah

Dari PLN bu,” suara itu terdengar kembali

“Oh iya, Pak.  Langsung masuk aja, silahkan.“ Saya menyahut santai lalu kembali melanjutkan pekerjaan di dalam rumah.  Biasanya petugas PLN khan hanya datang buat nyatet pemakaian listrik bulanan.

“Bukan mau ngecek, Bu.  Ini ada surat dari PLN,” sahutnya

Multi-mikronutrien Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Investasi Kesehatan Anak

Monday, August 21, 2017



Hai Mak-mak kece yang luar biasa, apa kabar semua.  Semoga makin cihuy ya….

Setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya.  Anak yang sehat, aktif, cerdas, bahagia dan percaya diri tentunya tidak disulap dalam semalam.  Pemenuhan nutrisi yang tepat selama masa kehamilan selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil juga sangat menentukan kesehatan dan  tumbuh kembang si kecil kelak.   

Pada 10 Agustus 2017 lalu, emakcihuy mendapat kesempatan hadir dalam Press Conference yang diadakan oleh Kalbe Blackmores Nutrition dengan bahasan utama tentang “Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui”.  Banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dalam acara tersebut.  Dan, biar gak pinter sendiri, sekarang saya mau berbagi ya dengan Mak sekalian.

Sentuhan Penuh Harapan Untuk Kesehatan Buah Hati Kita

Monday, July 24, 2017



Mempunyai keturunan adalah harapan terbesar setiap keluarga. Sejak awal pernikahan, pastinya semua berharap agar segera diberi kepercayaan untuk menimang buah hati, yang lucu, aktif dan tentu saja sehat.  Tapi tahukah emak, bahwa 28 hari pertama kehidupan buah hati kita adalah masa yang paling menentukan dan sangat krusial karena bayi masih mengalami  perkembangan sistem tubuh karena perubahan lingkungan yang signifikan.  Namun sayangnya, fakta menunjukkan bahwa masih banyak bayi di Indonesia yang mengalami kegagalan pada masa neonatal ini. Menyedihkan sekali.

Imunisasi Measles Rubella (MR) untuk Kesehatan Anak dan Ibu Hamil

Saturday, July 22, 2017





Halo semua

Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya.  Kali ini Emak Cihuy akan hadir dengan sebuah cerita penting terkait program pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan yaitu peluncuran program Imunisasi Measles Rubella GRATIS pada bulan Agustus – September 2017 dan 2018.

Tips Bebas Anyang-anyangan Ala Emak Cihuy

Thursday, July 13, 2017



Hai Mak-mak kece nan cihuy….

Gimana persiapan menyambut hari pertama sekolah anak-anak hebat kita.  Sebentar lagi sudah waktunya kembali ke Sekolah khan ya?  Diantara  semua persiapan untuk masuk sekolah, tentunya yang utama adalah kesehatan seluruh anggota keluarga, bukan hanya anak yang akan sekolah, tapi juga emak dan bapaknya dong ya.

Membahas kesehatan keluarga, emakcihuy pengen cerita nih.  Tempo hari, saat liburan panjang, kami sekeluarga sempat berlibur ke alam terbuka yaitu camping di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, tepatnya di Curug Cihurang, Gunung Bunder.  Salah satu resiko berlibur di alam terbuka dengan fasilitas sanitasi terbatas seperti ini adalah datangnya anyang-anyangan yang membuat kita jadi tak nyaman.
 
Camping ceria di Gunung Bunder

Hidup Sehat dan Produktif Meraih Mimpi

Tuesday, July 11, 2017



“Jadi Guru!” jawaban lantang dan penuh keyakinan itu terlontar dari bibir mungil seorang murid kelas 4 SD dari sebuah kota kecil di Tenggara pulau Sulawesi, ketika mendapat pertanyaan tentang cita-citanya di masa depan.

“Kenapa?” 

“Karena jadi guru itu enak, kalau ulangan udah punya kunci jawabannya.  Trus ndak perlu ngerjain PR yang banyak setiap hari,” jawabnya polos yang langsung disambut gelak tawa dari teman-teman sekelas dan bapak guru yang mengajar.

5 Tips Cihuy Saat Membeli Mobil

Wednesday, July 5, 2017



Yuhuuu…. Gimana liburannya Mak, cihuy sekali tentunya.  Banyak oleh-oleh nih, dari cerita seru, foto-foto cantik, camilan khas daerah yang dikunjungi dan tentunya tak ketinggalan segunung cucian kotor dong ya.  Khusus untuk oleh-oleh terakhir, selamat berjuang ya Mak! Semangat!!!

Pastinya saat mudik lebaran kemaren sebagian dari Mak-mak kece nan cihuy ada yang menggunakan kendaaran pribadi, juga ada yang memanfaatkan angkutan umum  seperti bus, pesawat hingga kapal laut.  Dalam perjalanan, banyak dong  ketemu aneka macam kendaraan.  Ehm, yakin deh, beberapa diantaranya pasti menarik perhatian kita ya.  Dari warnanya yang kece, modelnya yang menawan, bodynya yang gede dan lega sampai supir dan penumpangnya yang bikin klepek-klepek #ups #lirikdikitbolehkok hahaha

Kepada Bapak, Pemberi Cinta Tanpa Kata Cinta

Tuesday, June 20, 2017


Hari ini, setahun yang lalu, saya dan beberapa kawan-kawan hebat meluncurkan sebuah persembahan atas nama cinta untuk sosok paling kokoh dalam keluarga.  Bapak, Ayah, Papa atau apapun sebutannya.  Saya bahagia sekali saat melontarkan ide ini lantas disambut dengan semangat oleh kawan-kawan hebat di grup WA.  Grup dimana kami bertukar pikiran, yang bahkan banyak diantara kami belum pernah bertemu muka sekalipun.  Tapi sudah menjadikan kami begitu dekat selayaknya sahabat.

Benarkah Menjadi Ibu Rumah Tangga Tak Ada Istirahatnya?

Sunday, June 18, 2017



 
Halo Mak, jumpa lagi dengan emak cihuy disini, dengan sebuah cerita cihuy tentang kisah kasih di sekolah rumah tangga.

Ibu rumah tangga.  Sebuah tugas sekaligus pilihan yang diambil oleh sebagian perempuan.  Ada yang berada di posisi ini  karena “terpaksa” dan tak ada pilihan lain, ada yang memang memilih secara sadar, karena berbagai alasan tentunya.  Apapun itu, ibu rumah tangga adalah “profesi” yang hadir melengkapi keluarga dan bukan untuk dibandingkan dengan profesi lainnya, seperti dokter, wanita karir dan lain-lain.  Masing-masing adalah aktivitas yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.  Sekali lagi, tidak untuk dibandingkan.

Mainan Squishy untuk 6 Manfaat Menakjubkan Bagi Buah Hati

Wednesday, June 14, 2017



Halo mak apa kabar?
Anak-anak sudah mulai masuk masa liburan sekolah ya.  Saatnya emak-emak jadi kreatif memikirkan kegiatan si kecil agar tak bosan dirumah selama liburan.  Apalagi liburan kali ini sekaligus disertai puasa, putar otak deh emak biar anak tak sedikit-sedikit melirik jam dinding menanti waktu berbuka.

Anak-anak itu memang sudah jatahnya kalau sebagian besar waktunya adalah bermain.  Dalam bermain dia sekaligus belajar.  Karenanya,  dengan memilih mainan yang tepat dan sesuai usianya, pasti akan bermanfaat banget untuk tumbuh kembangnya.  Bukan sekedar sebagai hiburan, melainkan lebih dari itu tak jarang diantaranya yang memiliki nilai edukasi sangat tinggi. Sebut saja diantaranya adalah lego atau mainan catur. Hanya saja jenis-jenis tersebut memang lebih banyak dimainkan oleh anak-anak yang usianya sudah menjelang remaja ya.  Sedangkan untuk  anak dengan usia yang dini bisa dipilihkan produk mainan yang bisa menunjang daya koordinasi atau motoriknya, misalnya mainan squishy

Tips Hemat ala Emak Cihuy

Tuesday, May 30, 2017




Hai emak-emak hebat.  Udah lama nih emak cihuy gak bagi-bagi tips.  Harap maklum ya, emak lagi (sok) sibuk show sana-sini alias rempong sama realita kehidupan *tsaaaah…. Bahasanya* Monggo lho ya klo ada yang mendadak mual, di pojok ruangan sudah emak siapin kresek :p

Jadi nih ya, emak cihuy mau berbagi tips gimana cara cihuy untuk berhemat. Apalagi masa-masa seperti ini ya, dimana harga-harga terasa banget melonjak naik.  Errr… hukum ekonomi memang gak bohong, makin tinggi permintaan, maka harga juga ikutan tinggi.  Takut ketinggalan dia, jadinya malah balap-balapan deh.  Duh, emak-emak makin puyeng deh ngatur keuangan keluarga.

Tampil Lebih Percaya Diri Tanpa Jerawat

Monday, April 17, 2017





“Untuk moderatornya, seperti biasa bu Arni saja ya,” kata bapak ketua panitia acara malam sastra  tempo hari.
“Duh… boleh gak jangan saya lagi, Pak.  Coba kasi kesempatan ke yang lain dulu.  Kalu gak ada yang bersedia, ya udah gak apa-apa deh saya,” Saya berusaha mengelak.   Ini kesekian kalinya didapuk memandu kegiatan yang sama, diluar permintaan menjadi MC di beberapa acara lainnya.

Moderator, MC, Presentasi dan sejenisnya sebenarnya adalah kegiatan yang saya sukai, apalagi saya memang rutin menjadi pengajar di Pasraman Ganesha Ganesha Brahmacari Ashram.  Bukan masalah gugup berbicara di depan publik yang bikin saya berusaha mengelak kali ini.  Tapi karena saat itu jerawat segede upil sedang nangkring manis di pipi saya.  Duuuh…. Tingkat kepedean saya menurun 80%. Hiks.

Rekah Senyum bersama Keluarga Tercinta

Saturday, April 15, 2017






“Hai, apa kabar, tinggal dimana sekarang?”
 “Kabar baik.  Sekarang tinggal di Bogor.”
“Wah jauhnya.  Kerja di kantor apa?”
“Oh saya dirumah saja.  Jadi ibu rumah tangga….”
“Hah! Serius??? Gak mungkin ah.  Masa iya kamu jadi ibu rumah tangga doang.  Gak sayang apa sama ijazah.  Ngapain dulu sekolah tinggi-tinggi, ngejar gelar, jadi lulusan terbaik, trus sekarang cuma jadi ibu rumah tangga?”

Anemiaction Solusi Sehat Indonesia Bebas Anemia

Saturday, April 8, 2017



“Anemia adalah suatu kondisi tidak sehat dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal”


Pertengahan Februari lalu saya mengalami langsung apa yang dikenal sebagai anemia ini.  Efek dari kondisi hiperplasia endometrium yang saya alami, Hb saya drop hingga dibawa normal dan akhirnya harus pasrah menerima transfusi darah.  Beruntung darah yang saya butuhkan tersedia di bank darah sehingga anemia saya dapat ditangani segera.


Pernah mengalami anemia membuat saya bersemangat untuk lebih baik lagi menjaga kondisi tubuh.  Pengalaman memang menjadi guru paling berharga.  Saya jadi lebih waspada bila mulai mengalami gejala anemia yang ternyata timbul karena kurangnya oksigen dalam tubuh.  Oksigen ini sendiri seharusnya diikat oleh hemoglobin untuk kemudian dihantarkan ke seluruh sel dalam jaringan tubuh.  Gejala anemia itu sendiri dikenal sebagai 5L yaitu Lesu, Letih, Lemah, Lelah, Lalai.  Efek lanjutannya adalah :

(Giveaway) Rahasia Pola Pendidikan Anak Hebat

Wednesday, April 5, 2017




Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya.  Meski demikian tak banyak orang tua yang menyadari bahwa yang terbaik buat ayah dan ibu belum tentu menjadi yang terbaik buat anak.  Tak jarang kita temua adanya perbedaan pendapat dan keinginan antara orang tua dan anak.  Paling sering terjadi pada kasus memilih sekolah saat anak beranjak remaja dan dewasa.

Menjadi orang tua berarti memasuki fase kehidupan baru bersama titipan bernama anak.  Adalah tugas bersama Ayah dan Ibu dalam memilih pola asuh yang tepat agar anak menjadi pribadi yang baik kelak.  Menyadari bahwa setiap anak istimewa, bisa jadi langkah awal untuk tak memaksakan kehendak atau menjadikan anak sebagai kelinci percobaan atau sekedar pemuas keinginan kedua orang tuanya.

Gerakan Mencuci Gembira bersama Easy Membuat Hidup Lebih Easy dan Gembira

Monday, April 3, 2017




Foto dari Facebook EasyGembira
Halo emak-emak cihuy.  Sudahkah emak mencuci hari ini? 

Tahukah emak bahwa mencuci yang kadang terasa berat dan membosankan itu, sekarang bisa jadi kegiatan yang membahagiakan buat kita-kita?  

Nah kalau mencucinya bahagia, bisa jadi ini merangsang mood bahagia sepanjang hari juga.  Karena emak bisa punya waktu me time yang lebih berkualitas, bisa menemani anak bermain dan belajar lebih relaks tanpa beban mikirin cucian yang numpuk, bisa menyediakan menu terbaik untuk keluarga tercinta dan tentu saja semuanya akan membuat energi positif berpendar dalam keluarga.

Memupuk Cinta Merajut Hati ; Sebuah Refleksi Perjalanan Sebelas Tahun

Saturday, April 1, 2017



“Sejatinya perjalanan adalah ketabahan menunggu ; menunggu untuk cinta bertemu”

Quote cakep itu saya baca pagi ini saat blogwalking diblog mbak Windi Saras.  Dia menulis review sebuah Novel berjudul “Cinta Daur Ulang”.  Kenapa saya tertarik untuk ikut mengutipnya, karena memang menarik dan (sepertinya) benar.  Setidaknya dari sudut pandang saya ^^

Dalam setiap hubungan, saya yakin semua pasti berharap happy ending.  Semua pasangan pasti punya mimpi hubungan yang terjalin akan sampai di ujung yang bahagia.  Pernikahan adalah ujung perjalanan dari pacaran, perjodohan atau apapun namanya.  Tapi pernikahan itu sendiri justru adalah awal untuk perjalanan yang baru,  melangkah bersama membangun bahagia.

Yuk, Asah Kepekaan Sosial Kita ; Sepenggal Harap dari Kasus Bunuh Diri

Monday, March 20, 2017


Minggu kemarin media sosial diramaikan dengan video seorang bapak yang bunuh diri secara live.  Jujur saja saya tidak berani menonton siaran live itu.  Cukup membaca dari media massa  dan cerita teman-teman.  Meski tak menonton videonya, tapi tetap saja saya susah menghindar ketika beberapa kontak ternyata justru membagikannya di medsos lantas melintas di timeline saya, sehingga saya sempat menyimak sekilas beberapa komen (dan foto) saat kejadian itu.

Kenapa saya kemudian tergelitik menulis ini, jujur saja saya sedih melihat bagaimana cara (kita) menanggapi kejadian ini.  Saya sedih mengetahui bahwa saat sedang live bunuh diri, ternyata banyak yang nyinyir, mengata-ngatai, menyalahkan  bahkan mentertawakan bapak itu.  Pun tak sedikit yang ternyata (seperti) menikmati tontonan itu layaknya film.  Ya ampuuun ada apa dengan kita? Kemana nurani kita?

Selamat Ulang Tahun ; Selalu Ada Cinta Untukmu, Nak!

Saturday, March 4, 2017



Medio Agustus 2008

Tangis saya pecah begitu keluar dari ruang praktik dokter.  Saya ingat betul, malam itu rasanya jadi malam paling gelap dan suram.   Pelukan suami yang harusnya menenangkan malah membuat tangis saya makin menjadi-jadi.  Dan jujur, sampai hari ini, vonis dokter itu masih terngiang-ngiang di telinga saya

“Hmm… hasilnya negatif.  Salurannya tertutup.  Sebaiknya pertimbangkan untuk program bayi tabung saja.  Karena untuk proses normal kemungkinannya kecil sekali. Apalagi ovarium yang masih bagus hanya sebelah kiri”

Sepenggal Bahagia Bersama #NgulikDongeng

Tuesday, February 21, 2017


Photo by @amrsyax
Mendongeng.  Sebuah aktivitas yang sepertinya makin kesini makin sedikit yang mau melakukannya.  Dengan berbagai alasan, tak banyak orang tua yang bersedia meluangkan waktu untuk mendampingi anak dan berbagi kisah yang sarat pesan moral.  Bahkan ada lho yang menganggap kegiatan mendongeng ini ketinggalan zaman, lalu menggantikannya dengan game-game online di gadget keluaran terbaru.  Sediiih….

Ayah Ibu Jangan Lupa Aku adalah Representasi Dirimu

Thursday, February 16, 2017



Pernah gak sih, Ayah dan Ibu serasa ngaca saat melihat kelakuan si kecil? Caranya merajuk, ngambek, marah, menanggapi sesuatu dan seterusnya dan seterusnya.

 “Itu persis kamu banget waktu kecil!” Kata Nenek ke ayah/ibu saat melihat kelakuan cucunya yang asik lelumpatan di tempat tidur.

“Oh pantesan aja anaknya begitu,lihat saja orang tuanya kayak apa!”

“Aih anak pinteeeer.  Wajar sih, lihat saja ayah dan ibunya!”

Familiar dengan beberapa kalimat itu, Ma?

Proses Panjang Perjalanan Darah ; Dari Donor Hingga Transfusi

Tuesday, February 14, 2017



“Ibu harus transfusi darah dulu, agar efek bleedingnya gak makin parah!” kata dokter kandungan saat saya konsultasi  malam itu

Deg. Jujur aja saya kaget. Gak nyangka sama sekali kalau Hb saya drop sampai harus mendapat tambahan sejumlah darah.  Bukan apa-apa,  bleeding seperti ini adalah yang kesekian kalinya saya alami.  Dengan riwayat kondisi hormon yang memang gak stabil sejak jaman dulu kala, masalah ini berulang dan terus berulang, entah sampai kapan #nyesek

Sebenarnya ini juga bukan pertamakali saya menerima donor darah.  Pernah sekali saat menjalani laparoscopy untuk mengangkat kista endometriosis yang membandel dalam ovarium, tapi itu khan memang sayanya operasi, jadi yo wajar harus siap darah  buat jaga-jaga. Nah kali ini kondisinya beda, saya (merasa) baik-baik saja.  Masih bisa memotoran kesana kemari setiap hari, meski memang kadang agak keliyengan sih, namanya juga pendarahan gak brenti-brenti selama hampir sebulan ya, tapi tetap saja “vonis” dokter itu bikin saya shock.

Maaf dan Memaafkan, Makanan Utama Untuk Jiwa Bahagia

Wednesday, February 8, 2017



Pernahkah kamu membenci seseorang sampai mendengar namanyapun sudah membuat emosimu meningkat?
Pernahkah kamu melakukan kesalahan yang rasanya sembunyi di lubang terdalampun dia tetap membayangimu?
Saya pernah.  Kedua-duanya.

Dan percayalah kawan, itu sangat tak enak.  Hari-hari saya tak tenang.  


Memupuk Benci atau Menyuburkan Cinta?

Thursday, February 2, 2017




Terkadang terbersit rasa iri melihat Prema dan kawan2nya bermain. Tertawa bersama, berantem, nangis, saling mengadu lalu tak sampai 5 menit kemudian sudah kembali main bersama.

Hebatnya hati anak-anak seperti mereka. Hati yang diciptakan tanpa dendam.
Hati yang tak memandang perbedaan sebagai jurang pemisah, tapi justru pelengkap yang memberi warna kebahagiaan.

"Aku suka yang merah."
"Aku suka yang hijau."


Yuk, main sama-sama!"

Memilih Miskin?

Monday, January 30, 2017



Berapa banyak penduduk miskin di Indonesia? Berapa banyak orang yang katanya bahkan hidup dibawah garis kemiskinan, ya ampun....miskin aja udah cukup susah eh ini masih dibawah garis pula. Duuuuh.



 Sahabat, saya bicara tentang miskin secara fisik lho (harta) bukan miskin dalam arti kiasan (miskin hati, miskin perasaan, miskin kepedulian sosial dsb), jadi mari kerucutkan idenya biar gak melebar kemana-mana

Makan Mewah Harga Nyaman Bersama Bakmi Mewah

Wednesday, January 18, 2017




“Mie instan itu rasanya jadi istimewa kalau sudah ditambah ini itu sebagai bahan pelengkap.  Kalau gak gitu mah, rasanya biasa aja.  Rasa anak kost”

 Pernah dengar ada yang berkata begitu?

Seorang kawan berkata begitu saat kami sedang kemping beberapa waktu lalu.  Biasalah, salah satu makanan paling praktis saat kemping itu ya mie instan.  Jadi biasanya kalau persediaan bahan makanan lain sudah menipis sementara yang didalam perut masih berontak minta diisi maka mie instan menjadi penyelamat.  Maklum, kalau lagi kemping gitu, bawaannya pengen ngunyah melulu deh.  Nah, kawan saya tadi menolak tawaran mie instan, dengan alasan seperti itu.  Dia baru mau makan mie instan kalau sudah ditambahi aneka pelengkap seperti daging/ayam, telur, aneka sayuran atau kalau sudah diolah dengan berbagai macam kreasi, intinya bukan mie instan polosan asli seperti dalam kemasannya.

Hastag #SendiriDiRumah Rawan Undang Tindak Kriminal

Monday, January 2, 2017



Siang tadi saya membuka instagram keponakan yang memposting foto terbarunya.  Fotonya sebenarnya biasa saja, memperlihatkan  kegiatan dia selama liburan.  Yang gak biasa adalah hastag yang dipilihnya.  Jenis medsos yang satu ini memang biasanya banjir hastag, dari yang serius hingga lucu dan seru.  Salah satu hastag itu adalah #SendiriDiRumah.   Saya terkejut melihatnya,  bagaimana bisa hastag seperti ini dipakai oleh keponakan saya yang masih duduk di bangku SMP? Dia mengabarkan pada dunia bahwa dia dirumah sendirian.  Waduh!


Karena penasaran, saya coba meng-klik hastag itu.  Dan lagi-lagi saya terkejut, hastag ini cukup popular.  Saat saya beralih ke Twitter dan Facebook, ternyata sama saja, pengguna hastag #sendiridirumah cukup banyak.  Mirisnya lagi, rata-rata penggunanya adalah perempuan.  Buru-buru saya menegur keponakan, minta dia menghapus hastag itu sembari mengingatkan akan bahaya yang mengancam.  Untungnya dia nurut.